makalah fisika tentang bahaya merokok


Tugas Makalah Fisika

Tentang Rokok

Disusun oleh: Kelompok 5

  1. Shofi Hamidatul Ilmiyah
  2. Armi N
  3. David
  4. Sofyan
  5. Mubin
  6. Nanda

Pembimbing :

Kelas :

MTs

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah menciptakan Alam Semesta ini sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam sehari-hari kita sering menjumpai hal-hal yang berhubungan dengan Kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan untuk mempelajari dan memahami Dampak Bahaya Merokok Pada Kesehatan.

Dan dengan senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah –Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan Makalah yang sederhana ini.

Dalam membuat Makalah ini kami mendapat banyak kendala akan tetapi dengan kesabaran dan ketelitian sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan baik dan tepat pada waktunya.

Dalam Makalah yang sederhana ini, kami mengharapkan kritikan dan saran-saran yang sifatnya membangun.

Banjaran , Nopember 2014

KELOMPOK 5

Tugas Makalah Fisika Tentang Rokok

295021_144876532314523_1517527645_n

Disusun oleh: Kelompok 5

  1. Shofi Hamidatul Ilmiyah
  2. Armi N
  3. David
  4. Sofyan
  5. Mubin
  6. Nanda

Pembimbing :

Kelas :

MTs

 

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL DEPAN

HALAMAN SAMPUL DALAM ……………………………………………….   i

KATA PENGANTAR ……………………………………………………… …   ii

DAFTAR ISI ….. ………………………………………………………………   iii

BAB I PENDAHULUAN………  ………………………………………………1

  • Latar Belakang ………………………………………………………………. 1
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………. 1
  • Tujuan Penulisan……………………………………………………………… 2

BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………….  3

2.1 Pengertian Rokok dan Zat yang dikandungnya …………………………..      3

2.2 Dampak Rokok bagi Kesehatan…………………………………………….   5

2.3 Upaya mengatasi kecanduan rokok…………………………………………..  8

BAB III PENUTUP…………………………………………………………….. 11

3.1 Kesimpulan………………………………………………………………….  11

3.2 Saran………………………………………………………………………..   11

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan. Mulai dari berolahraga, membaca, menulis, mengarang, dan sebagainya.Di antara sekian banyak kebiasaan manusia, ada salah satu kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka.Anehnya, kebiasaan yang tidak baik ini sering dilakukan oleh masyarakat kita, yakni kebiasaan merokok. Merokok sendiri bukanlah hal yang dianggap tabu oleh masyarakat kita,meskipun yang melakukannya adalah anak yang masih duduk di bangku sekolah. Hal ini sangat memprihatinkan, karena sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat banyak zat beracun yang nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh kita.
Untuk itu dengan dibuatnya karya ilmiah ini diharapkan warga masyarakat dapat sadar dan segera meninggalkan atau mengurangi kebiasaan mereka yang tidak baik.Karena bagaimanapun juga dampak rokok bagi kesehatan pelaku ( perokok aktif ) maupun kesehatan orang yang terkena paparan asap rokok perokok aktif (perokok pasif) sangat besar, karena zat beracun yang terkandung di dalamnya.
1.2 Rumusan Masalah
1. Zat apa yang Terkandung Di Dalam Sebatang Rokok ?
2. Bagaimana Pengaruh Merokok Bagi Kesehatan Manusia ?
3. Upaya apakah yang Bisa Dilakukan dalam Mengatasi Keinginan Merokok ?
1.3 Tujuan Penulisan
 Untuk mengetahui zat-zat yang terkandung di dalam rokok
 Untuk mengetahui pengaruh merokok bagi kesehatan manusia
 Untuk mengetahui uapaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi keingnan merokok

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Rokok dan Zat yang Dikandungnya
Rokok merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi kita. Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat. Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah,kanker paru – paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk. Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.
Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari seconhandsmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif. Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yakni tembakau. Di Indonesia tembakau ditambah cengkeh dan bahan – bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek.Selain kretek tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok putih, cerutu, rokok pipa dan tambakau tanpa asap (tembakau kunyah).
Dari hari ke hari jumlah perokok kian bertamabah. Hal inilah yang nantinya akan membuat suatu malapetaka yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Rokok mengandung berbagai macam bahan kimia,antara lain:
• Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
• Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
• Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
• Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
• Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
• Metanol (alcohol kayu), alcohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
• Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
• Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
• Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
• Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
• Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
• Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

ROKOK

Gambar 1 : kandungan bahan kimia pada rokok
2.2 Dampak Rokok Bagi Kesehatan
Saat ini, rokok telah mulai dikonsumsi oleh para remaja bahkan juga anak-anak. Hal ini memunculkan keprihatinan mengingat bahaya rokok bagi seseorang. Kenakalan remaja identik juga dengan remaja yang merokok. Kebanyakan remaja nakal dan remaja yang suka tawuran adalah perokok.
Bahaya rokok terutama adalah bagi kesehatan. Kita tahu bahwa rokok mengandung banyak sekali racun dan nikotin yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit kanker, paru-paru, impotensi dan bahkan serangan jantung. Semakin dini seseorang mengkonsumsi rokok maka semakin banyak racun yang terkumpul di tubuhnya. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan fisik atau menyebabkan serangan penyakit pada masa dewasa atau masa tuanya. Padahal masa remaja merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang penting.
Selain kesehatan, rokok juga berdampak kurang baik bagi perkembangan psikologis remaja. Rokok identik dengan pergaulan remaja yang lebih rentan terhadap kenakalan daripada pergaulan remaja tanpa rokok. Pergaulan remaja dengan rokok cenderung memberi remaja pemikiran bahwa rokok bisa menjadi pelarian akan tiap masalah. Remaja kemudian akan merokok ketika mendapat masalah dalam hidupnya. Di dalam rokok memang mengandung zat yang bisa membuat perokok merasa lebih baik namun tentunya hal ini juga menyebabkan kecanduan. Kecanduan akan rokok terbilang sulit untuk diatasi.Pergaulan remaja dalam lingkungan perokok juga dapat mengantarkan pada kenakalan remaja yang lebih besar lagi yakni penggunaan obat terlarang dan pergaulan bebas. Menghisap rokok yang sebenarnya adalah obat terlarang bisa saja dialami. Dengan demikian, remaja bisa dengan mudah masuk dalam pengaruh obat terlarang dan mengalami kecanduan. Selain itu, rokok juga menyebabkan remaja menjadi lebih boros karena harus mengeluarkan uang secara rutin untuk membeli rokok. Apalagi jika sudah terkena pergaulan remaja yang negatif, bisa-bisa anak berusaha mengambil harta orang tuanya.Oleh sebab itu, perkenalkanlah sejak dini mengenai bahaya rokok bagi remaja Anda. Hal ini setidaknya membuat remaja berpikir dua kali untuk menjadi kecanduan. Berikan nasihat untuk menghindari pergaulan dengan remaja perokok lainnya. Rokok memang membuat diri menjadi lebih enak untuk sementara namun dapat berdampak fatal nantinya.
2.2.1 Bahaya Merokok Bagi Diri Sendiri dan orang lain
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

bahaya-merokok3

Gambar 2: penyakit yang diakibatkan rokok

Dari gambar di atas dapat dijelaskan apa saja penyakit yang ditimbulkan pada saat kita merokok. Sebenarnya, bahaya merokok ini tidak hanya dirasakan oleh para perokok saja. Tetapi juga dapat dirasakan oleh orang-orang di sekitar mereka yang menghirup asap rokok dari perokok tersebut. Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk zat yang sering dijumpai dalam kandungan polusi udara yang berbahaya, zat yang terdapat dalam sampah berbahaya, lebih dari 50 jenis zat penyebab kanker dan lebih dari 100 bahan kimia beracun lainnya. Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang jika dihirup akan menggantikan fungsi Oksigen di sel – sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ tubuh lain.
Orang yang tidak merokok sangat dirugikan oleh asap rokok, karena asap rokok akan terhisap oleh siapa saja yang berada dekat si perokok. Beberapa penyakit yang bisa timbul pada perokok pasif, menurut British Medical Association (BMA), antara lain :
Bagi orang dewasa
 Kanker paru-paru
 Penyakit jantung koroner
 Penyakit hati
 Asma
 Bronkitis
 Strike
 Terganggunya pertumbuhan janin
 Bayi lahir prematur
Bagi anak-anak
 Sindrom kematian mendadak pada bayi atau Cot death (Sudden infant death syndrome)
 Infeksi/peradangan telinga
 Infeksi/peradangan pernapasan
 Asma atau “bibit” asma (yang akan diderita setelah dewasa nanti)
 Pneumonia
 Bronkhitis

Dampak buruk lainnya
 Pemendekan nafas
 Nausea
 Iritasi pernafasan
 Sakit kepala
 Batuk
 Iritasi mata

2.3 Upaya Mengatasi Kecanduan Rokok
Sebagian besar perokok yang udah atau berniat untuk menghentikan kebiasaan merokok perlu menggunakan cara mereka sendiri. Para perokok ringan, yang sangat berkeinginan untuk menghentikan kebiasaan merokok, akan dapat berhasil dalam usaha mereka bila menggunakan cara mereka sendiri yang paling sesuai untuk mereka.
Setiap orang yang ingin berhenti merokok memerlukan suatu cara yang sesuai untuk masing-masing. Hasil studi baru-baru ini di Inggris menunjukkan bahwa 69% perokok dewasa ingin berhenti merokok. Nikotin adalah zat yang paling membuat orang ketagihan sehingga berhenti merokok tidaklah mudah walaupun motifasinya amat tinggi. Perokok menyadari bahwa upaya awal untuk menghentikan kebiasaan merokok seringkali tidak berhasil sehingga perokok yang ingin berhenti harus siap untuk melakukan usaha berkali kali. Upaya berulang kali ini penting artinya karena akan berupa intervensi awal. Setiap orang harus mencoba berbagai teknik intervensi untuk menentukan mana yang paling sesuai, dengan menyadari bahwa mungkin diperlukan tiga sampai empat kali percobaan sebelum menemukan cara yang sesuai. Harus dijelaskan kepada setiap perokok yang berupaya untuk menghentikan kebiasaannya bahwa gagal sekali dan mengulangi kembali bukanlah berarti kegagalan program, melainkan hanya suatu hambatan kecil menuju suatu langkah yang akhirnya menuju keberhasilan.
Seringkali program menghentikan kebiasaan merokok mahal biayanya atau tidak dapat dijangkau oleh sebagian besar penduduk.Oleh karena itu para petugas pemeliharaan kesehatan, keluarga dan teman menjadi mekanisme pendukung bagi sebagian besar perokok yang ingin berhenti merokok. program umum yang dapat direkomendasikan oleh para profesional pemeliharaan kesehatan tidak memerlukan biaya atau tambahan, selain keinginan kuat dari para perokok serta keluarga dan teman-teman.
Ada beberapa cara untuk berhenti merokok,yaitu:
1. Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
2. Belajar membenci rokok
3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok
4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
7. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
8. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
9. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
12. Coba dan coba lagi jika masih gagal

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Zat kimia yang terkandung dalam Rokok antara lain Nikotin, Tar, Sianida, Benzene, Cadmium, Metanol, Asetilena, Amonia, Formaldehida, Hidrogen, Arsenik, dan Karbon monoksida. Jadi Zat kimia yang terkandung dalam Rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Selain kesehatan, rokok juga berdampak kurang baik bagi perkembangan psikologis remaja. Rokok identik dengan pergaulan remaja yang lebih rentan terhadap kenakalan daripada pergaulan remaja tanpa rokok.
Setiap orang yang ingin berhenti merokok memerlukan suatu cara yang sesuai untuk masing-masing,seperti belajar membenci rokok,bergaullah dengan orang yang tidak merokok,sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC,kurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit atau cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
3.2 Saran
Setelah membaca karya ilmiah ini, semoga remaja dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan segera meninggalkan kebiasaan merokoknya, supaya kesehatan mereka tetap terjaga dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa mereka.
Sebaiknya pemerintah mengadakan seminar atau penyuluhan mengenai bahaya merokok agar para remaja terhindar dan sadar akan bahaya merokok.

Pos ini dipublikasikan di psht. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s