Tipe Kamar Pusar (Swirl Chamber Type)


Kamar pusar mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membantuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang diinjeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaiakan pembakaran.
swirl chamber type
Keuntungan:

Dapat dicapai kecepatan mesin yang tinggi karena turbulensi kompresinya tinggi.
Gangguan pada nozzle kecil karena menggunakan pin type nozzle.
Tingkat kecepatan mesin lebih luas dan operasinya yang halus membuat banyak dugunakan untuk mobil penumpang.

Kerugian :

Kontruksi silinder head dan cylinder block rumit.
Efisiensi panas dan konsumsi bahan bakarnya lebih buruk daripada sistem injeksi langsung.
Menggunakan busi pijar, tetapi ini kurang efektif untuk kamar pusar yang besar, karena itu mesin sukar distart.
Diesel knock akan lebih besar pada kecepatan rendah.

Pos ini dipublikasikan di mesin diesel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s